Pages

Subscribe:

Kamis, 29 Maret 2012

Muda Anak Perbatasan

foto beberapa hasil laut yang ditampung

foto ikan bawal dan udang


By:Hazini Pengusaha
Hasil laut perairan kecamatan  Paloh sangatlah kaya dengan bermacam ragam kekayannya, diantara nya Ikan,Udang,Penyu,Ubur-Ubur,dan lain sebagainya.
Nah…………..sekarang ini khusus nya di Desa Mentibar,Kecamatan Paloh,Kabupaten Sambas,Kalimantan Barat,ada seorang pengusaha muda yang harus diteladani oleh pemuda-pemuda Kecamatan Paloh.
Sebut saja Radius Prawira,atau yang sering dipanggil Radius atau Iyus.dia merupakann anak ke dua(2) dari tiga(3) bersaudara.
Dia adalah teman sekolah saya dari SMA dan sekarang ini dia sudah lama menyelesaikan kuliahnya di Yogyakarta,yaitu fakultas Ekonomi dan sekarang menjadi serjana  Ekonomi.
Awal mula nya,usaha ini dirintis oleh almarhum bapak nya,yaitu Bapak H Ibrahim sejak tahun 1992.usaha ini bermula secara kecil dan dengan modal pribadi nya.dan diberi nama Usaha Sinar Pagi.
Namun setelah almarhum meninggal,usaha ini dilanjutkan oleh istri dan anak nya yang bermana Radius Prawira.
Dari usaha ini lah dan dari kecil-kecilan hingga sekarang menjadi sangat sukses.adapun hasil-hasil laut yang keluarga beliau ini usahakan di antaranya adalah ikan,udang(lobster,windu dan lain-lain)ubur-ubur,dan kepiting laut.Berkat dengan keyakinan,kesabaran,serta keuletan menekuni usaha itu,beliau bisa mencapai hasil NETTO Rp 20-30 jt/bln.
Beliau juga mempunyai karyawan  yang lumayan ramai,dan beberapa buah motor air untuk mnangkap ikan dan udang dengan jarring/pukat.Adapun karyawan nya yang bedomisili di desa mentibar maupun yang berada  di desa-desa lainny di Kecamatan Paloh.
Nah………..pengen kan kalau ingin seperti beliau?yang sampai sekarang  menjadi pengusaha penampung hasil laut yang sukses di daerah perbatasan,yaitu di Desa Mentibar,Kecamatan Paloh,Kabupaten Sambas,KAL-BAR.