Pages

Subscribe:

Selasa, 13 Maret 2012

Goreng pisang istimewa khas Paloh ala Rapidah


fgoreng pisang istimewa khas Paloh ala Rapidah
Oleh: Hazini
Goreng pisang adalah salah makanan kuliner yang sangat enak,apalagi kalau di makan bersama dengan hidangan secangkir kopi panas,wahhhhh…..pasti sangat lezat sekali kan?
Nah…..goreng khas Paloh ala Rapidah ini lain dari yang lain,karena rasanya yang sangat enak bahkan terasa rugi sekali kalau tidak mencicipinya.
Goreng pisang khas Paloh ala Rapidah ini adalah salah satu makanan kuliner  yang ada di Kampong Baru,Desa Sebubus,Kecamatan Paloh,Kabupaten Sambas KAL-BAR.Adapun goreng pisang  khas Paloh adalah salah satu mata pencaharian yang dikelola oleh keluarga Jakpar dan isrtrinya bernama Rapidah.Nah… jadi goreng pisang khas Paloh ala Rapidah ini di ambil dari nama istrinya yang bernama Rapidah.Dengan penjualan goreng pisang ini,dan juga  dengan modal yang minim pada awalnya serta karena dengan keyakinan,kesabaran dan keuletan,akhirnya mereka menjadi berhasil sehingga mereka bisa mendapat penghasilan  sekitar  RP 150.000-200.000,-/hari,yaitu dengan omset bersih RP 3.000.000,-/bln,dengan harga RP 500,-/1 goreng pisang.Jadi dapat di bayangkan betapa laris dan banyak nya pelanggan mereka,dan itu juga tidak lepas dengan pelayanan mereka yang sangat memuaskan dan special,sehingga terkadang semua pelanggan sampai antri untuk membeli goreng pisang khas Paloh ala Rapidah ini,bahkan juga sering di borong habis oleh pembeli lainnya.
Selain goreng pisang,mereka juga membuat gorengan seperti bakwan dan pisang molen yang rasanya tidak jauh enak nya dengan goreng pisang yang mereka buat. Namun karena sekarang banyak nya pesanan atau order ,terkadang mereka sampai kekurangan produksi,terutama dari bahan-bahan pokok  yaitu buah pisang  kepuk,yang orang Sambas serta orang Paloh bilang pada khususnya .
Mereka mengelola gorengan serta gerai/warung kecil ( depot dalam bahasa orang Paloh Kabupaten Sambas)ini sekitar 4 thn yang lalu,berarti sejak tahun 2008 hingga sekarang.
Adapun bahan –bahan dari pembuatan/goreng pisang,yang utama adalah buah pisang,tepung terigu dan bahan-bahan lain seperti goring pisang lainnya.Untuk pembuatannya /pengadonan tepung, mereka juga membuatnya secara alami dan dengan resep-resep tersendiri sehingga  mereka juga memerlukan waktu sekitar 4 jam untuk pengadonan tepung dan lain sebagainya,yaitu dari jam 09:00 pagi s/d jam 12:00 siang,lalu mereka buka gerai dari jam 13:00-17:00 sore.
Nah dari itu pula lah,rugi sekali kalau seandainya kita ke Paloh tidak mampir di Gerai nya Rapidah dan tidak mencicipi goreng pisang khas Paloh ala Rapidah yang sangat enak ini.